HIKMAT DAN PENGERTIAN LEBIH PENTING DARI KEKAYAAN

Bacaan Alkitab :

1 RAJA-RAJA 3 : 1-15

 

Orang yang berhikmat seringkali dihina,sehingga seseorang akan berfikir lebih baik mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya.Jika demikian,apakah benar hikmat lebih penting dari kekayaan?1 Raja-Raj 3 : 1-15 ini bercerita tentang Salomo yang meminta hikmat kepada Tuhan,pengertian untuk menjalani kehidupan dan bagaimana dapat menyelesaikan setiap persoalan,khususnya persoalan orang Israel.

Mengapa harus hikmat ? Karena jika hanya pengetahuan atau pengertian otak manusia saja tidak cukup.Sepintar apapun manusia secara intelektual terkadang tindakan hidupnya tidak baik.Jika intelektual dikembangkan maka harus diimbangi dengan karakter yang baik.Dari bacaan hari ini kita akan belajar beberapa hal dari Salomo :

1.Salomo mau mengajarkan yang baik kepada rakyatnya

Meskipun Salomo gagal mendidik anaknya,tetapi Salomo sempat mengajarkan yang baik kepada rakyatnya bagaimana harus mengandalkan Tuhan.Oleh karena kerendahan hati Salomo mau meminta himat kepada Tuhan,maka kehidupannya diberkati oleh Tuhan.

2.Menyatakan kasih Allah yang besar

Salomo berbicara tentang kasih Allah daripada berbicara dirinya sendiri.Tetapi orang yang bodoh akan berbicara tentang dirinya sendiri.Ketika Salomo meminta hikmat kepada Tuhan,Tuhan memberikan lebih daripada apa yang dimintanya.Menjadi orang kaya tidak salah jika orang tersebut terikat dengan kekayaan tersebut sehingga lupa Tuhan dan sesamanya.

Mari kita hidup mengandalkan Tuhan dan meminta hikmat kepada-Nya,karena ketika kita meminta hikmat,maka Tuhan akan memberikan lebih daripada yang kita minta.

Pdt.Sepy Alexander Hawu,S.Th (Khotbah pada ibadah Minggu 26 Agustus 2018)

 

Comments

comments