Taat dan Tidak Taat

Matius 7 : 21-23

Usaha terbesar iblis terhadap kehidupan orang-orang percaya adalah agar orang percaya hidup tidak taat terhadap Firman Tuhan.Sejak kejatuhan Adam dan Hawa di Taman Eden hingga kegagalan umat pilihan melaksanakan tugas Allah.Usaha ini terus berhasil.Menurut David Platt,ada dua macam murid Kristus hari ini :

1.)Murid “ Yang penting tahu”.Murid ini menekankan dimensi pengetahuan sebagai dasar menjadi murid Kristus.Mereka adalah orang-orang terpelajar yang rajin membaca Alkitab bahkan pandai menafsirkannya.Mereka bahkan sering mengikuti kelas-kelas teologi dan pelatihan-pelatihan penginjilan.

2.)Murid “yang harus taat”.Murid ini menekankan ketaatan sebagai dasar menjadi pengikut Tuhan.Mereka mungkin tidak terpelajar dalam hal teologi.Namun mereka amat rindu menjadi serupa dengan Kristus dan pelaku-pelaku firman Tuhan.Mereka tidak pandai menginjili ,namun merekalah orang yang sering membawa jiwa baru ( Non-believer) kegereja.

Anda murid yang mana ?

Dua dimensi dasar mengikut Kristus di atas sungguh berbeda.Kebanyakan orang Kristen adalah orang-orang yang cakap mengenai hal teologi.Sayangnya mereka tidak cukup pandai membina perubahan hidup mereka.Kebenaran firman Tuhan tidak memerdekakan hidup mereka.Mereka seringkali merasa puas dengan tingkat kerohanian mereka.Namun ada banyak dosa yang mereka sembunyikan di balik kepandaian mereka.Hal yang Allah tuntut adalah agar orang percaya menjadi orang-orang yang taat melakukan firman Tuhan.”Tahu” saja belum cukup membuat orang memiliki perubahan hidup yang benar.Apa yang kita ketahui tentang Allah perlu di uji di dalam ketaatan melakukan perintah-perintah-Nya.

Bagaimana agar kita dapat taat melakukan perintah Tuhan ?

1.Hiduplah takut akan Tuhan.Ini level pertama untuk dapat taat dalam jalan Tuhan.Apa yang seringkali membuat kita tidak suka mendengar perintah orang tua ? Karena kurangnya rasa segan terhadap orang tua kita.Begitu juga dengan Allah.Tanpa adanya rasa takut akan Allah,seseorang akan sulit menjalankan perintah-perintahnya.

2.Hiduplah dengan kasih yang besar terhadap Allah.Ini level kedua.Ini level yang amat penting dan menentukan.Seberapa besar cinta kita kepada Tuhan,sebesar itu juga usaha kita untuk menyenangkan hati-Nya.Taat dan tidak taat itu di gerakkan oleh rasa cinta yang amat besar pada Tuhan.Tanpa rasa cinta,seseorang akan sulit setia dan taat kepada Allah.

Pikirkanlah hal ini : Mengapa dari banyak orang di dunia,Yesus memilih murid-murid dari kumpulan orang-orang kurang berpendidikan,tidak terkenal,tak punya status penting dalam masyarakat waktu itu? Bukankah Yesus akan lebih mudah jika memilih para pembelajar dan orang-orang pintar seperti ahli-ahli taurat dan orang-orang Farisi ? Kemungkinan besar karena Yesus tahu bahwa  mereka  hanyalah orang-orang yang banyak tahu tentang Allah tetapi tidak taat menjalankan Firman Allah.Di dalam dunia saat ini juga demikian.Yesus tidak mencari mereka yang pandai berkata-kata atau melakukan banyak hal.Yesus mencari orang yang mau taat melakukan perintah-perintah-Nya,sekalipun jatuh bangun melakukannya.Amin.

Josua J.Sengge

Comments

comments