Bukan Sekedar Penggemar

Lukas 9 : 22-27 ; 57-62

Didalam buku “ Not A Fan “ karangan Kyle Idleman,ia membedakan tentang dua macam orang Kristen hari ini.Ada orang Kristen yang hanya penggemar(fans) dan orang Kristen sebagai pengikut sejati (follower).Kedua macam orang ini duduk bersama setiap kali ibadah di gereja atau tergabung bersama dalam pelayanan-pelayanan gereja.Sekilas mereka tampak sama di dalam praktik dan semangat,namun sebenarnya amat berbeda di dalam motivasi mengikut Yesus.

Ketiga perbedaan motivasi di antara mereka dalah sbb :

1.Penggemar mungkin sangat bersemangat,tetapi hanya pengikut Yesus yang rela setia berkorban.

Penggemar sama seperti orang-orang Yahudi yang semangat menyorak “ Hosana” ketika mereka melihat Yesus menunggangi keledai masuk Yerusalem.Soalnya Yesus membawa janji perubahan nasib hidup mereka saat itu.Namun,mereka akan dengan cepat berbalik dari suka kepada benci ketika melihat Yesus tergantung di salib tanpa ada kekuatan.Soalnya janji Yesus untuk mereka telah sirna.Hanya pengikut yang akan tetap mempercayai Yesus sekalipun keadaan sulit.Mereka percaya Yesus tak pernah ingkar janji kepada mereka.

2.Penggemar hanya menjadikan Yesus sebagai salah satu prioritas,namun hanya pengikut yang menjadikan Kristus sebagai satu-satunya prioritas.

Penggemar akan lebih mudah menduakan Tuhan.Jika di perhadapkan dengan pilihan beribadah atau mencari uang,mereka akan memilih yang kedua.Mereka akan lebih mudah melihat mana yang memberi keuntungan yang lebih besar bagi mereka.Namun hanya pengikut yang mampu berkata sebaliknya”Bagiku hidup adalah untuk Kristus dan mati adalah keuntungan”.

3.Penggemar masih mudah dan sering meragukan Kristus,tetapi hanya pengikut yang mempercayai Kristus dengan sepenuh hati.

Ketika di perhadapkan dengan situasi yang sulit,penggemar akan memilih untuk mencari pertolongan yang menjanjikan,seperti manusia,uang,kekuasaan,kuasa gaib dan sebagainya.Mereka lebih suka mengandalkan kekuatan sendiri.Berdoa ? Itu bisa nanti-nanti.Namun hanya pengikut yang akan berkata “Tetapi aku dan seisi rumahku,kami akan beribadah kepada Tuhan saja”.

Satu pertanyaan sederhana biarkan mengoreksi kehidupan kita hari ini”Apakah aku sungguh pengikut Kristus ? Ataukah hanya seorang penggemar ? Amin.

Josua J.Sengge,S.Th

 

 

 

 

 

Comments

comments