Malam Refleksi Jumat Agung

Bacaan : Markus 14

 

Yesus sangat berduka dan mengatakan bahwa bahaya sudah diambang pintu.Tuhan mengatakan bahwa hati-Nya sangat sedih,seperti mau mati rasanya.Ia mengatakan kepada murid-murid-Nya untuk tinggal berjaga-jaga bersama-Nya dan berdoa.

Refleksi : Apakah persoalan hidup membuat kita mengalami gelisah dan gundah dalam hati,membuat kita terpuruk dan tidak melihat kepada kasih Tuhan ?Apa yang kita alami didunia ini tidak melebihi kekuatan kita dan tidak sebanding dengan apa yang di alami Yesus.

Petrus yang tidak sabaran memotong telinga seorang yang datang menangkap Yesus.

Refleksi : Saudara,kita pasti memiliki kasih yang besar kepada orang-orang yang kita kasihi,tetapi kita harus sadar bahwa ada peristiwa yang tidak menyenangkan hati kita.Reaksi kita menunjukkan siapa diri kita.Tidak selamanya segala kebaikan dalam hidup kita mendapat tempat dan penghargaan.Yesus di tolak karena di anggap telah menghujat Allah,perusuh dan perusak persekutuan bergereja.Apa bentuk rasa hormat kita kepada Allah,Sang Pemberi Hidup kita ?

Dua orang yang bertikai untuk satu kepentingan yang sama,Herodes dan Pilatus kemudian “bersahabat” untuk membunuh Yesus.Penderitaan keji di alami oleh tubuh Yesus.Ia di siksa dalam kebisuan-Nya.Mereka menyalibkan-Nya.Memakukan tangan-Nya yang memberkati dan memberi kesembuhan bagi banyak orang,bahkan mereka yang membenci-Nya.Ia mati diatas kayu salib sevagai seorang Juruselamat.

Refleksi : Adakah kesengsaraan yang di alami Yesus sama dengan kesengsaraan yang kita alami ? Adakah kita sadar dalam kehdupan kita setiap hari di saat kita tidak taat,maka kita kembali membuat kisah perjalanan salib ? Saat kita membuat persekutuan dengan sesama adakah kita sadar itu sudah memuliakan Tuhan atau belum ?Sudahkah kita di baharui dalam tutur kata dan perbuatan kita ?Kasih Allah nyata bagi kita.Penerimaan-Nya sempurna atas segala dosa dan kehinaan kita.

Sanggupkah kita memiliki kasih yang besar seperti Kristus ?

 

Ibadah Malam Refleksi,Kamis 29 Maret 2018 pukul 19.00-21.00 Wita

 

Comments

comments