Teladan Dalam Kerendahan Hati

Ada 4 makna pembasuhan yang Yesus lakukan :

1.Yesus mengasihi murid-murid.Pembasuhan sebenarnya hanya dilakukan oleh orang-orang dengan status rendah seperti budak.

2.Gambaran Allah tentang salib-pengorbanan Yesus.Murid-murid masih terbawa euforia terkenalnya Yesus.Namun pembasuhan ini mengingatkan bahwa Yesus akan di rendahkan pada peristiwa salib.

3.Yesus ingin beri teladan agar murid-murid saling membasuh atau melayani satu sama lain.Iblis tahu bahwa bersatu merupakan hal berbahaya yang dimiliki oleh murid Kristus,maka perpecahan adalah jalan terbaik untuk membuat murid Kristus jatuh ke dalam dosa.

4.Pembasuhan adalah lambang dari manusia berdosa menjadi manusia baru di dalam Tuhan.

 

Melalui ini,ada beberapa hal untuk di renungkan :
1.Waktu Tuhan sudah dekat,maka jangan menyombongkan diri.Jangan sampai ada kesombongan dalam diri karena itu tidak sesuai dengan teladan Tuhan Yesus.

2.Jika kita di rendahkan oleh orang lain,ingat bahwa Kristus sudah terlebih dahulu merasakannya.Kadangkala rasa sakit itu di gunakan oleh Allah untuk menarik manusia sedikit keras ke bawah untuk d ilentingkan tinggi ke atas nantinya.

3.Kerendahan hati adalah suatu sikap sadar bahwa kita punya kelebihan tetapi tahu bersyukur dan bisa menempatkan diri.Orang yang rendah hati itu jujur dan tidak bertopeng.Ia mengakui kesalahan dan kekurangan.Tidak cemburu pada pemilikan orang lain.Ia tidak akan bermegah atas penderitaan orang lain dan selalu solider dengan sesama yang membutuhkan pertolongan.

 

Pdt.Yandi  Manobe,S.Th

Comments

comments