Medsos-Penghilang Rasa Belas Kasihan

Markus 1 : 40-42

Dibalik bagusnya medsos pada zaman ini,ternyata ia menyimpan banyak hal negatif yang tidak dapat di hindari oleh penggunanya.Tanpa sadar medsos membuat pengguna kehilangan kepekaan rasa berbelas kasih terhadap sosialnya.Mengapa ? Ada 4 alasan mengapa medsos melemahkan kepekaan sosial,khususnya rasa belas kasih penggunanya :

1.Medsos membuat penggunanya terobsesi dengan dirinya sendiri (me-centered).”Medsos melatih kita untuk lebih narsistik,lebih menonjolkan diri sendiri ” ( Craig Groeschel).Dengan demikian,seseorang akan tidak peduli dengan orang lain.

2.Medsos mengubah kepedihan menjadi pergumulan populer yang mudah di tinggalkan.Banjir berita dengan berbagai emosi membuat orang akhirnya kurang peka karena terlalu mudah berganti emosi.Belum lagi banyak berita hoax membuat orang sulit percaya dengan berita yang tersebar.

3.Medsos membuat penggunanya tidak peduli dengan sesama karena minimnya interaksi langsung yang terjadi seperti dulu.Komunikasi sambil menatap mata sudah jarang terjadi karena semua bisa di lakukan dengan via medsos.

4.Medsos membuat penggunany kehilangan kepedulian yang di sertai tindakan nyata dari hati.Bagi orang yang berduka,kseringkali kata ” Turut Berduka” dikira sudah cukup mewakili.Tapi itu tidak cukup.

Yesus menunjukkan bahwa belas kasih harus didukung oleh tindakan nyata.

 

Oleh Sdra.Josua J.Sengge,S.Th

Khotbah pada Ibadah rutin UPP.Remaja,25 Februari 2018

Comments

comments