Renungan Minggu Ketiga September 2017

MENOLONG LEWAT DOA

Yohanes 17:7-23

 

 

Ora et labora seharusnya berarti berdoa dan bekerja keras, bukan berdoa keras-keras dan malas bekerja. Beberapa hal dalam doa yang perlu diperhatikan yaitu:

 

  1. Kita sering menjawab bahwa kita akan dukung orang dalam doa, padahal kita tidak berdoa.
  2. Berdoa lewat media social, merendahkan Tuhan dengan komentar-komentar kecil di Facebook sebagai sebuah doa.

Berdoa untuk orang lain ada dua dimensi yaitu menolong orang lain tetapi sekaligus menolong diri sendiri. Yesus benar-benar mengenal murid-murid-Nya sehingga Dia berdoa bagi mereka. Dia mengenal dan tahu kebutuhan mereka sehingga Dia berdoa sesuai dengan kebutuhan mereka. Seorang pendoa bukan calo yang sedang meminta kepada Tuhan, kita sepakat dengan orang yang kita doakan bahwa inilah yang menjadi kebutuhannya dan minta Tuhan menolong. Ada 4 hal dalam doa Yesus yang kita pelajari yaitu:

  1. Yesus berdoa supaya murid-murid kuat hadapi masalah. Masalah itu tidak hilang tapi mereka diberi kekuatan untuk menghadapinya.Yesus ingin dalam masalah ini mereka memuliakan Tuhan, bukan memuliakan diri atau pendoa. Tugas kita hanya berdoa dan bukan yang menentukan doa itu dijawab atau tidak.
  2. Yesus berdoa supaya murid-muridNya menjadi satu. Gereja hanya memiliki persekutuan kalau jemaat Tuhan bersatu. Egoisme menjadi ancaman kehancuran gereja. Jadi satu bukan berarti seragam, tetapi supaya mereka menjadi satu dalam perbedaan seperti ubi, pisang, santan bersatu dimasak dan diberi gula, dinamakan kolak, bukan lagi ubi atau pisang, mereka tidak egois. Hal mendasar dari persekutuan adalah persekutuan dalam nama Bapa. Bukan dalam nama siap-siapa tapi nama Tuhan. Mari kita bangun persekutuan ini dalam nama Bapa.
  3. Yesus berdoa supaya murid-murid dilindungi dari si jahat. Di dunia ini ada sistem yang iblis bangun. Iblis ingin kita masuk dalam system itu. Kita harus berusaha untuk menang atas system itu. Orang beriman bukan milik dunia, mereka sudah dipisahkan dari dunia walaupun mereka tinggal dalam dunia.
  4. Yesus berdoa agar murid-murid dikuduskan dalam kebenaran. Supaya murdi-murid tidak lagi dijajah oleh dunia. Watak mereka harus dikuduskan, pertobatan dari dalam hati. Tuhan kuduskan untuk melakukan tugas membawa jiwa bagi Tuhan. Berdoalah bagi orang lain seperti yang Yesus lakukan kepada murid-muridNya. Amin.

 Pdt. Y. Manobe, S.Th

Comments

comments