Kesukaran Juga Berkat

Bacaan Alkitab : Mazmur 138 : 1-8

Pembicara : Cavik Martence Ledoh-Pah,S.Th

 

Dad dalam hidupnya mengalami banyak kesukaran dan penderitaan.Tetapi Tuhan tetap menyertai dan berpihak padanya.Jika kita lihat,Daud adalah orang yang sempurna secara manusiawi,tetapi ia juga jatuh dalam dosa karena menginginkan istri Uria.Tetapi,sepanjang kesukaran dan penderitaan yang dialaminya,pertolongan Tuhan sangat nyata dalam hidup Daud.Ia mampu melihat kesukaran,sakit penyakit dan penderitaan sebagai berkat (ayat 3).

Apa itu kesukaran ? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,kesukaran adalah keadaan sulit,susah,menderita,kemiskinan,sakit penyakit.Lalu mengapa kita harus menyebutnya sebagai berkat?

Hanya orang yang dekat dengan Tuhan saja yang memandang kesukaran sebagai berkat.Karena dalam kesukaran ada proses Tuhan didalamnya,yaitu untuk memberi kita kekuatan jiwa ( Maz 119 : 67 & 71).Dalam kesukaran kita dilatih dan bertumbuh dalam iman dan menjadi kuat ( Ibr 12 : 10 & 11,Roma 5 : 3 ).Penderitaan dan kesukaran mendorong kita untuk semakin dekat dengan Tuhan dan merupakan pelajaran bagi kita untuk tidak mengandalkan diri sendiri serta selalu bersandar pada Tuhan ( Ams 3 : 12 ).Amin.

 

Khotbah pada Ibadah Komisi Wanita,Rabu 28 September 2016

Comments

comments