Renungan Harian 3 Mei 2016

PERSAHABATAN DENGAN DUNIA ADALAH PERMUSUHAN DENGAN ALLAH

(Yak. 4:1-10)

 

                            Kita punya satu pilihan yang serius yaitu percaya pada Tuhan atau percaya pada iblis. Ini sangat penting, salah ambil keputusan berarti celaka (I Pet. 5:8). Tetapi ayat 7 dari bacaan kita bahwa iblis itu tidak bisa kompromi dengan kita. Kita harus lawan karena dia mau telan kita, dan itu berarti mati.

Sahabat artinya mau bekerja sama. Jadi sahabat dengan setan berarti mau bekerja sama dengan setan. Keputusan adalah reaksi yang diambil karena analisa, dan mau menerima resiko yang akan terjadi.Mengambil keputusan harus dalam keadaan sadar. Siapapun yang mengambil keputusan harus dengan penuh kesadaran dan tanggungjawab. Keputusan sangat penting untuk bertumbuh. Setiap orang dalam hidupnya, setiap hari 300 – 1500 kali ambil keputusan mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali.

Seringkali masalah di dunia ini timbul karena keputusan yang diambil bermasalah. Dosa mendorong kita mengambil keputusan yang salah.

Ada 9 hal yang mendorong kita mengambil keputusan :

  1. Tidak peduli   dengan   siapapun,   maka   hasilnya   asal-asalan   dan   menghancurkan sesuatu dalam hidup kita.
  2. Didorong oleh rasa  sedih  membuat  kita  ambil  keputusan  yang  tidak  tepat karena kesedihan yang begitu dalam dan tidak melihat kasih Tuhan dalam hidup.
  3. Karena ketakutan yaitu dorongan dari  luar  bukan  dari dalam diri sendiri.
  4. Karena keserakahan/rakus,hal   ini   tidak   membuat   kita   hidup  aman  dan  punya hubungan yang buruk dengan Tuhan.
  5. Karena kemarahan membuat  kita  sulit  berhubungan dengan orang lain karena kita mahluk sosial saling berhubungan satu dengan yang lain.
  6. Kesombongan menyatakan sesuatu lebih dari dirinya.
  7. Keberanian : Berani membangun  hubungan  dengan Tuhan walau banyak tantangan.Hidup dengan Tuhan bukan tanpa masalah dan inilah awal perjalanan dengan Tuhan. Keberanian harus di dalam Tuhan.
  8. Pengertian : Hal ini  menolong  kita  menemukan  sesuatu  yang  berarti dalam Tuhan. Amsal 1:7 : “Takut akan Tuhan adalah awal kita mengerti apa yang benar”.
  9. Kedamaian : Disinilah ada  sukacita,  barulah  kita  menemukan  indahnya  hubungan persahabatan dengan Tuhan. Amin !

 

 

Ringkasan Khotbah : Pdt. Yandhi Manobe, S.Th

Comments

comments