Renungan Harian 16 April 2016

KESETIAAN

(Wahyu 3 :07 – 13)

 

J.ET.Cowel tetap setia membaca firman dan berdoa walaupun dianiaya dan dicemplungkan kedalam laut. Di akhir penderitaannya dia minta mayatnya dipulangkan kepada ibunya dan tolong sampaikan kepada ibunya bahwa Cowel tetap setia baca firman, Cowel mau orang-orang yang dikapal itu percaya kepada Yesus. Akhirnya Cowel melihat temannya termasuk kapten kapal bertobat. Kesetiaan itu membuat kita melihat kasih dan kuasaNya dalam hidup kita bekerja dengan luar biasa. Banyak anggota keluarga yang tidak setia, suami tidak setia pada istri dan istri tidak setia pada suami, banyak orang tidak setia pada pelayanan, tinggalkan pelayanan hanya demi kepentingan kesenangan diri, banyak orang yang berani tinggalkan imannya, tinggalkan gereja hanya untuk kesenangan dirinya. Tetapi bagi orang-orang yang setia akan dipuji dan dikasihi oleh Tuhan. Ciri-ciri yang dimiliki orang setia :

  1. Setia menuruti firman Tuhan (ayat 8).

Filadelfia artinya kasih persaudaraan. Tuhan Yesus memuji orang-orang diFiladelfia karena didapati sebagai orang yang setia. Yesus sebagai pribadi yang penuh kebenaran sehingga Dia melihat kekudusan hidup mereka maka Yesus memuji mereka. Yesus juga memperkenalkan diri bahwa Dia pribadi yang kudus, yang memegang otoritas tinggi apa yang mereka sudah lakukan sebagi contoh hidup yang setia. Pada waktu ada penganiayaan karena waktu itu Filadelfia wilayah yang teraniaya tetapi mereka tetap setia, dibujuk untuk menuruti ajaran yang tidak sesuai dengan firman Tuhan tetapi mereka tetap setia. Pada waktu jumlah jemaat sedikit dan mereka yang beribadah sangat sedikit, ekonomi keluarga sangat rendah tetapi mereka tidak kompromi dengan dosa & mereka tetap setia kepada Tuhan sekalipun orang-orang disekitarnya berdosa mereka tidak kompromi dengan dosa. Mari doakan supaya orang Kristen tidak kompromi dengan dosa berjuang untuk hidup dalam kebenaran agar banyak orang merasakan kasih Tuhan. Yang membuat jemaat Filadelfia tetap setia adalah karena firman Tuhan yang selalu mereka pegang, mereka belajar hidup dalam firman Tuhan. Kekuatan firman Tuhan menggunakan kata dinamit yang berarti kecil tapi punya daya ledak sangat besar.

Sudah berapa lama jadi orang Kristen ? Apakah kita setia baca firman ?.

  1. Tekun menantikan kedatangan Tuhan (Ayat 10)

Pada saat banyak orang tidak menyikapi kedatangan Tuhan, acuh tak acuh dan masa bodoh tetapi Filadelfia tetap melihat hal itu sebagai pengharapan iman mereka, maka mereka terus menantikannya dengan benar.Mereka terus setia hidup berbuah bagi sesama. Mereka selalu berpikir Yesus akan datang hari ini, tidak lama lagi karena itu berjuang dan melayani dengan sungguh. Di Filadelfia kalau ada orang membangun sebuah pilar dan namanya ditulis pada pilar itu ; dan di kota itu sering terjadi gempa sehingga pilar-pilar itu jatuh sehingga Yesus katakan nama yang tertulis di surga tidak ada yang dapat merubuhkannya tetapi akan tercatat selamanya.Tuhan mengharapkan kita tidak hanya setia di gereja tapi dalam hidup kita setiap hari. Itulah orang yang dipuji dan di kasihi. AMIN

 

Ringkasan Khotbah : Pdt. Samuel Yapto

Comments

comments