Renungan Harian 23 Maret 2016

Panggilan yang membawa damai

(Kejadian 12:1-9)

 

                Panggilan adalah hidup dalam rencana Allah, Allah yang berotoritas dalam hidup kita. Yeremia 1:5 mengatakan sebelum dalam kandungan Allah telah mengenal kita.Itu  berarti setiap kita sudah ada dalam master plan Allah. Kita harus bersyukur Allah telah mengenal kita dan suatu kehormatan Dia memanggil kita hidup dalam rencanaNya. Karena itu bagaimana kita menggenapi panggilan yang sesuai dengan rencana Allah dan memiliki kehidupan yang berdampak bagi dunia.

  1. Allah memanggil untuk maksudnya yang mulia. Di Urkasdim Abraham sudah hidup mapan tapi Allah memanggil Abraham untuk maksudnya secara khusus. Saat itu usia Abraham 75 tahun tapi Tuhan ingin Abraham menjadi bangsa yang besar. Abraham dipanggil untuk diberkati yaitu hidup dalam sukacita, damai, dan kebenaran. Panggilan Allah membuat Abraham diberkati, untuk menjadi berkat. Apakah panggilan Allah hanya terjadi zaman dulu? Tidakkah Allah masih memanggil sampai saat ini? Marilah kepadaKu semua yang letih lesuh dan berbeban berat (Matius 11-28). Panggilan Allah itu menyangkut pemenuhan seluruh aspek hidup kita. Allah mau kita hidup menurut rencana Allah dan Allah memanggil kita untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Allah mau kita datang kepadaNya, menikmati kasihNya. Jangan hanya berani bersaksi dan katakan puji Tuhan kita dipanggil Tuhan tapi hidup kita harus memberkati /berdampak dan berguna bagi orang lain.

 

  1. Panggilan itu menuntut respon positif dari manusia. Perjalanan yang sulit dilewati Abraham harus menjawab panggilan Tuhan. Abraham siap dan terus berjalan karena Allah punya rencana yang indah dalam hidup kita (Yeremia 29: 11). Respon positif ditunjukkan Abraham yaitu disetiap tempat yang dilewati Abraham mendirikan mesbah bagi Tuhan. Kisah para rasul 3:25-26 mengatakan bahwa dari keturunan Abraham semua bangsa mendapatkan keselamatan didalam Yesus Kristus. Inilah teladan orang yang hidup dalam panggilan yang membawa damai. Amin !

Khotbah Minggu,pada Warta Jemaat 6 Juli 2014

Comments

comments