Ibadah Komisi Kaum Wanita,Rabu 20 Mei 2015

Murid Yang Dikasihi Yesus

Bacaan Alkitab :

Yohanes 21 : 20-23,13 :23,20 : 2,Lukas 9:28,Matius 26 :37

 

Ada 3 murid yang selalu menyertai Yesus dalam pelayanan-Nya yaitu Petrus,Yakobus dan Yohanes(bin Zebedeus).Tertulis bahwa Petrus ingin sekali tahu apa yang akan terjadi dengan Yohanes.Petrus sendiri adalah orang yang agresif dan suka sekali berada didepan (memimpin).Tetapi Tuhan mengatakan kepada Petrus bahwa hal tersebut bukanlah urusannya,tetapi hendaklah Petrus mengikut Tuhan.Hal ini berarti adalah lebih penting bagaimana hubungan kita sendiri dengan Tuhan,dan bukan sibuk mengurusi hubungan orang lain dengan Tuhan.Ada banyak orang yang menyibukkan diri dengan urusan orang lain sehingga melupakan hal-hal penting dalam keluarga,bahkan dengan Tuhan.

Merujuk kepada tema diatas,menjadi murid yang dikasihi Yesus,berarti suatu kehormatan.Dapat dibayangkan betapa indahnya bila kita sungguh dikasihi dan dipakai Tuhan untuk pekerjaan-Nya.Mengapa Yohanes dikasihi Tuhan dan bukan Petrus atau murid yang lainnya?Sebenarnya semua murid dikasih Tuhan Yesus,tetapi ada beberapa hal yang dapat kita pelajari dari sikap Yohanes,yaitu :

  1. Ia dekat dengan Tuhan (akrab,baca :ayat ke 20).Orang yang dekat dengan Tuhan tidak akan mementingkan diri sendiri.Memang bahwa alkitab tidak menyebutkan nama Yohanes sebagai murid yang dikasihi.Namun hal ini dapat diketahui dari penelitian para teolog.Ini membuktikan bahwa ia adalah orang yang rendah hati dan memiliki hasrat untuk bergaul erat dengan Tuhan.
  2. Yohanes adalah orang yang setia (Yohanes 19 : 26-27).Kesetiaan adalah sebuah panggilan dan bukan sebuah kewajiban yang dilakukan dengan keterpaksaan (Markus 13:13).Kita perlu setia,karena tanpa kesetiaan kita tidak dapat bertahan sampai akhir.Kesetiaan itu sendiri dijalin atas dasar relasi kita dengan Tuhan,yang berarti kita perlu menyediakan waktu spesial untuk berkomunikasi dengan Tuhan lewat doa,refleksi dan pembacaan alkitab serta kecintaan kepada sesama kita.
  3. Ketika Yohanes diberkati dan berkelimpahan ia tetap mengenal Tuhan dan tidak melupakan-Nya(Yohanes 21 : 1-7).Kekayaan dan keberhasilan bisa mengubah hidup seseorang menjadi lebih dekat dengan Allah atau melupakan Allah.Ingatlah bahwa Allah-lah yang memberi semua apa yang kita miliki didunia ini.

Yohanes adalah pribadi yang selalu merespon kasih Tuhan dengan segenap jiwa dan akal budinya.Sikap inilah yang diinginkan Tuhan dalam kehidupan kita.Belajarlah dari Yohanes dan jadilah murid yang dikasihi-Nya.Amin.

 

MC : Aci Sisca /Pemusik :sdri.Nikita Siung/ Pembicara: sdri.Martentje Pah/ Kehadiran : L/P : 1/27 orang /Kesaksian : Ibu Joice dan ibu Emi/ Doa penutup : Pdt.Anthonetha Manobe,S.Th

 

 

Comments

comments