Renungan Harian 1 April 2015

April Moop ???

Kolose 3 : 9 Jangan lagi kamu saling mendustai, karena kamu telah menanggalkan manusia lama serta kelakuannya.

Syalom Sahabat Agape..

Kita semua,khususnya kawula muda tentu sudah tidak asing lagi dengan isitilah April Moop.April Moop , dikenal dengan April Fools’ Day dalam bahasa Inggris, diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahun. Pada hari itu, orang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. Hari ini ditandai dengan tipu-menipu dan lelucon lainnya terhadap keluarga, musuh, teman bahkan tetangga dengan tujuan mempermalukan orang-orang yang mudah ditipu. Di beberapa negara seperti Inggris dan Australia serta Afrika Selatan, lelucon hanya boleh dilakukan sampai siang atau sebelum siang hari. Seseorang yang memainkan trik setelah tengah hari disebut sebagai “April Mop”. Namun di tempat lain seperti Kanada, Perancis, Irlandia, Italia, Rusia, Belanda, dan Amerika Serikat lelucon bebas dimainkan sepanjang hari. Hari itu juga banyak diperingati di Internet.

Saya sendiri pernah mendengar sebuah cerita nyata tentang seorang mahasiswi diperantauan sekitar tahun 1970-an,yang menulis surat kepada ibunya menjelang tanggal 1 April,mengabari tentang kematiannya sendiri.Seolah-olah surat tersebut ditulis oleh orang lain.Dan pada tanggal 1 April,tepat pada saat ibunya menerima surat tersebut,dengan bergegas dan penuh airmata,si ibu mencari tumpangan untuk bisa sampai ketempat kuliah anaknya secepatnya.Mungkin bagi si anak,hal tersebut adalah lelucon yang sangat menggelikan.Tetapi bagi si ibu,hal itu adalah kesedihan terbesarnya.Kehilangan anak yang dikasihinya,kesulitannya pada masa itu untuk bisa tiba di tempat kuliah anaknya,dan berbagai rintangan lainnya,baik fisik,material,dan yang terbesar adalah psikis nya.

Sahabat Agape,renungkanlah sejenak sebelum melakukan tipuan April moop.Apakah itu berguna untuk pertumbuhan iman ? Apakah itu bisa membawa kemuliaan Tuhan bagi orang lain?Apakah berdampak baik untuk diri sendiri dan orang-orang disekitar kita ?Tentu tidak.Firman Tuhan tidak pernah memperkenankan kita untuk berbohong atau menipu.Tidak peduli dengan istilah bohong putih atau berbohong demi kebaikan sekalipun. Bohong adalah suatu dosa dimata Allah. Jika ya hendaklah kamu katakan: ya,jika tidak,hendaklah kamu katakan : tidak.Apa yang lebih daripada itu berasal dari si jahat (Matius 5 : 37).Karena itu,berhentilah mengadopsi budaya yang menyesatkan seperti ini.Lalukan apa yang baik untuk kemuliaan Tuhan lewat bibir lidah kita.Amin.

Amsal 19 : 22b “lebih baik orang miskin dari pada seorang pembohong.”

 

Oleh Admin Sekretariat

 

Comments

comments