Ibadah Komisi Pemuda,Kamis 12 Maret 2015

Excelent Caracter

Tujuan                         : Melalui excelent karakter,kita bisa menjadi teman pelayanan yang baik

Pembicara                  : Pdt.Desi Tatengkeng,S.Th

Nats Pembimbing    : Efesus 4 : 17-32 (Manusia Baru)

Bacaan                        : Mazmur 34 : 12-18

Teman-teman yang dikasihi Tuhan,ketika kita bertemu dengan seseorang pertama kali,apa yang akan kita nilai terlebih dahulu? Apakah fisik atau sifat? Manusia sering memberikan penilaian secara fisik terlebih dahulu,tetapi untuk menjadi bagian tubuh Kristus maka yang paling penting adalah karakter.

Excelent caracter secara harafiah adalah karakter yang baik.Bisa juga dikatakan karakter yang luar biasa.Dalam pengertian kamus bahasa Indonesia,karakter adalah sifat yang membentuk seseorang atau sekelompok kumpulan kualitas moral/etis.Setiap orang tidak menginginkan karakternya direndahkan oleh orang lain.

Jerry C.Wofford mengatakan “ Bagi seorang pemimpin gereja tidak ada atribut yang lebih penting ketimbang karakter”.Istilah psikologis yang menunjuk kepada sifat khas yang dimiliki oleh individu yang membedakannya.Karakter juga adalah proses untuk memahami jiwa,menandai diri atau mengukir diri sedemikian rupa sehingga membentuk unik,menarik dan berbeda.

Ada 3 kategori karakter seseorang :

  1. Jahat,buruk,kasar
  2. Baik,indah
  3. Belum tahu karakter.Masih labil.Misalnya remaja yang masih ikut-ikutan dengan sikap teman-temannya.

Orang yang berkarakter adalah orang yang melakukan apa yang benar karena alasan yang benar.Karakter menjadikan kita pribadi yang berkenan dihati Allah.Sebagai pengikut Kristus maka yang menjadi pergumulan adalah bagaimana mengatasi karakter dengan baik.Jika kita mengagumi orang yang berkualitas,bukankah seharusnyajauh lebih baik dari kita? Mengagumi kesempurnaan Allah yang hidup,yang daripadanya segala kebenaran dan kebaikan adalah anugerah buat kita semua.

Hanya Allah yang memiliki karakter sempurna.Namun manusia juga harus memiliki integritas.Artinya pikiran,perkataan dan sikap seseorang itu sama.Jadi dalam membentuk karakter excelent,haruslah membuang segala sesuatu yang kotor,dusta,kemarahan dsb nya.D.L.Moody berkata “ karakter adalah seseorang yang berada ditempat gelap”.Artinya seseorang itu bisa menjadi terang dan berdampak.

Belajarlah dari Yusuf yang bisa memberikan dampak bagi bangsa yang besar dan keluarganya.Karakter menjadikan kita sebagai saksi Kristus yang efektif dan membuat Tuhan menjadi senang dengan kita,bahkan kita juga disenangi oleh orang lain.Ketika melakukan yang baik maka tantangan hidup kita banyak sekali.Namun tetaplah tanam karakter yang baik supaya bisa menabur yang baik.

Kalimat bijak orang Kristiani dalam menjadi saksi Kristus adalah “ Karisma membawa seseorang berhasil mencapai puncak tertentu dalam hidup ini,tetapi karakter dapat membuat seseorang bertahan dipuncak”.Milikilah karakter Kristus dalam hidupmu sebagai manusia baru.

Pertanyaan Refleksi : Bagaimana karakter kita sebagai pemuda Kristen? Sadarilah dan nilailah karaktermu didalam Kristus.

Amin

Ringkasan khotbah oleh   : Ev.Foera Era Hura,S.Th

Tempat                                     : Lt.2 GMIT Agape

Waktu                                       : 18.00-20.00 wita

MC                                              : Sdri.Nona Daud

Pemusik                                   : Bpk.Edwin Soru

Kehadiran                                : L/P :9/19 (27 orang)

Comments

comments