Renungan Harian 13 Maret 2015

Allah Adalah Sumber Kekuatan…

Bacaan Alkitab hari ini:Hakim-Hakim 16

Walaupun Simson hanya memiliki kekuatan luar biasa bila rambutnya panjang, hal itu tidak berarti bahwa rambut Simson bisa disamakan dengan jimat yang memiliki kuasa magis. Masalah Simson yang mendasar bukanlah masalah rambut, melainkan masalah ketaatan. Bila Simson taat kepada Tuhan, dia akan menjaga agar rambutnya tetap panjang. Karena Simson tidak taat, dia memberitahukan sumber kekuatannya kepada Delila (16:17). Akibatnya, rambutnya akhirnya berhasil digunting oleh orang Filistin dan Simson berhasil ditaklukkan karena kekuatannya sudah lenyap (16:19). Simson yang sudah tidak memiliki kekuatan lagi itu lalu ditangkap, dicungkil kedua matanya dan dibelenggu sebagai tawanan (16:21).

Sesudah rambut Simson mulai tumbuh, suatu saat Simson dibawa ke dalam kuil Dewa Dagon untuk dijadikan tontonan (bahan tertawaan). Di satu sisi, orang-orang Filistin itu beranggapan bahwa kekalahan Simson berarti keberhasilan Dewa Dagon mengalahkan Allah Israel (16:23). Di sisi lain, tumbuhnya rambut membuat iman Simson juga mulai bertumbuh. Oleh karena itu, Simson memberanikan diri untuk memohon agar TUHAN memulihkan kembali kekuatannya, sehingga dia bisa melakukan pembalasan. Doa Simson dikabulkan. TUHAN memulihkan kekuatan Simson sehingga dia berhasil merobohkan tiang penopang rumah tempat penyembahan Dewa Dagon tersebut. Orang Filistin yang mati bersama-sama dengan Simson karena tertimpa rumah itu jumlahnya lebih banyak daripada orang Filistin yang dibunuh Simson saat dia masih belum buta (16:30). Dengan demikian, Allah menunjukkan bahwa Dia sanggup mengalahkan Dewa Dagon di rumah Dewa Dagon itu sendiri!

Ulangan 32:39
“Lihatlah sekarang, bahwa Aku, Akulah Dia. Tidak ada Allah kecuali Aku. Akulah yang mematikan dan yang menghidupkan, Aku telah meremukkan, tetapi Akulah yang menyembuhkan, dan seorang pun tidak ada yang dapat melepaskan dari tangan-Ku.”

Disadur Dari Renungan Saat Teduh

Comments

comments