BERDOA DALAM ROH

Bacaan : Roma 8:26 – 30

 

Berdoa dalam Roh, berbeda dengan berdoa dalam bahasa roh. Berdoa dalam roh berarti bersatunya roh kita dengan roh Allah saat kita berdoa. Kita harus menyadari apakah roh kita benar-benar terhubung dengan Allah. Mengapa kita harus berdoa? Kita berdoa karena kita tidak tahu apa yang terjadi dalam kehidupan kita beberapa waktu ke depan, kita berdoa karena doa adalah sebuah kebutuhan, bukan kewajiban, dan  kita berdoa karena dalam doa kita menemukan kebaikan Yesus.

Bahasa yang kita pakai dalam doa adalah bahasa yang dapat dimengerti. Bahasa yang dimengerti itu jelas dari hati kita, sama dengan yang kita ucapkan dalam doa. Jangan bahasa yang aneh-aneh, karena saat berdoa kita merawat hubungan kita dengan Yesus dan juga dengan sesama dalam sebuah persekutuan. Arti berdoa di dalam roh adalah:

  1. Penyembahan kita dibangun dalam roh dan kebenaran Yoh.4:24 apapun kepahitan dalam kehidupan kita, kita harus tinggalkan semuanya itu, dihadapan Yesus kita harus menyadari bahwa kita berdosa dan tidak layak. Pikiran-pikiran kita yang menekan dan memaksa Yesus untuk menuruti keinginan kita tetapi mendukacitakan hati Yesus. Roh kita harus diperbaharui oleh Roh Kudus, tujuannyaagar roh kita dikuasai oleh Roh Kudus.
  2. Roh Kudus menuntun kita dan mengajarkan segala hal yang baik bagi kita untuk berdoa Yoh 14:26 apa yang diajarkan Roh kudus (kasih sukacita, damai sejahtera dan seterusnya).
  3. Roh kita harus bersatu dengan Roh Kudus, caranya adalah menghampiri Yesus dengan melepaskan semua kepahitan dalam diri kita. manusia tidak dapat mengubah sesama, Roh Kuduslah yang akan mengubahkan kehidupan seseorang.

Berdoa dalam roh, berarti kita siap untuk terima setiap keputusan Yesus dan siap berjalan bersama Allah. Mari periksa diri kita apakah roh kita semakin dekat kepada Yesus atau menjauh dari Yesus. Kalau roh kita dekat dengan Yesus maka kita akan berdoa dalam roh.

 

Pdt. Anthonetha Manobe S.Th

Comments

comments