Tuhan Menggendong Sampai Masa Tuamu

Nats Pembimbing : Yesaya 46 : 4

Bacaan Alkitab : Yesaya 47 :1-7

Lansia adalah tahapan lanjutan dari perjalanan hidup manusia dan merupakan proses yang alamiah.Tetapi dalam menjalani usia lansia ini sejumlah hal menjadi berbeda dan cara kita memperlakukan mereka juga pasti berbeda.

Dalam bacaan di atas,sesungguhnya bangsa Israel sudah tidak adapt berbuat apa-apa lagi.Mereka seringkali beribadah dengan mengikuti cara atau gaya orang lain (bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah) dan seringkali menggantungkan harapan pada kekuatan manusia ( tentara-tentara Asyur).Bangsa Israel yang di buang di Babel seumpama lansia yang sudah tidak berdaya lagi,namun Tuhan masih tetap mengasihi dan memberikan mereka harapan bagi masa depannya.

Nats Pembimbing di atas mengisyaratkan beberapa hal yaitu bahwa Tuhan menggendong,menanggung,memikul dan menyelamatkan kita asal kita berpasrah diri pada-Nya(biasanya hal ini terjadi pada mereka yang sakit,tua dan tak berdaya).Mereka merasa tak berguna dan menjadi beban bagi orang lain terutama anak-anak.Mengapa ?

1.Fokus yang berbeda antara orangtua dan anak

2.Jarak dan waktu yang berbeda

3.Tinggal berdua kembali (suami dan isteri)

Ada 3 perubahan serius yang terjadi menjelang lansia :

1.Perubahan fisik

2.Perubahan psikologi

3.Perubahan spiritual

 

Tema ini ingin menyampaikan beberapa hal pada kita,bahwa Tuhan mengasihi orang-orang yang lanjut usia.Bahwa kau harus menaruh hormat pada yang lebih tua (Im 13 :20).Jangan coba-coba meremehkan orang lanjut usia karena para tua-tua itu harus di hormati.Hiasan pada masa muda adalah kekuatan,tetapi pada masa tua adalah rambut yang putih.

Lanjut usia merupakan sebuah karunia yang besar (Maz 91 : 16).Mengapa Tuhan mengijinkan umur yang panjang ? Karena Tuhan memberikan kesempatan kepada kita untuk menyerahkan seluruh hidup kita secara total kepada-Nya dan tetap setia sekali pun sakit,di abaikan dan merasa tak berdaya.Kesetiaan kita di uji saat ini.Janji Tuhan adalah nyata jika kita melakukan penyerahan hidup kepada Tuhan.Amin.

Khotbah oleh Pdt.Yandi Manobe,S.Th pada Ibadah Penutupan Bulan Keluarga sekaligus HUT Reformasi ke-501,HUT GMIT ke-71 dan ibadah lansia,pada hari Rabu 31 Oktober 2018 pukul 18.00 Wita.

 

Comments

comments