header image
 

All posts in January 20th, 2019

Bacaan: Daniel 6:10–14

 

Dalam Perjanjian Lama terdapat dua orang yang dicatat memiliki hubungan yang dekat dengan Allah, yaitu Henokh dan Nuh. Penulis memberikan gelar dalam bahasa ibrani “Halakh” kepada kedua orang ini. Halakh berarti orang yang bergaul dengan Allah atau orang yang dekat dengan Allah atau orang yang bersekutu dan bersatu dengan Allah. Salah satu wujud dari Halakh ialah tekun dalam berdoa. Kita terkadang menganggap diri dekat atau bergaul dengan Allah, padahal kita jarang berdoa dengan Allah. Jadi Halakh kita salah.

 

      Dalam perikop yang kita baca tadi, Daniel sebagai seseorang yang hidup mendekat kepada Allah ada tiga unsur doa yang dimiliki oleh Daniel.

 

  1. Unshakable (Tak Tergoyahkan)

Daniel adalah seorang yang setia beribadah kepada Allah. Ada dua arti kata “Ibadah”, Commandment:setia melakukan hukum Taurat yang Allah berikan. Commision: mengingat status sebagai umat Allah harus setia.

Walaupun Daniel telah mendengar peraturan kerajaan yang melarang orang-orang beribadah kepada Allah atau ilah, selain kepada Raja akan dihukum. Daniel tak tergoyahkan untuk tetap beribadah dan menyembah Allah. Bahkan setelah mendengar itu, Daniel pulang dan langsung berdoa dan menyembah Allah. Doa merupakan hal penting dalam kehidupan orang Kristen, sekalipun ada konsekuensi. Doa bukan bicara tentang rutinitas melainkan hubungan atau koneksi kita dengan Allah.

 

  1. Unmoveable (Tak Tergeser)

Daniel tetap mencari Allah ketika dirinya telah diincar dan dihakimi oleh musuh-musuhnya. Iman Daniel tidak bergeser sedikitpun. Dia tetap setia berdoa kepada Allah.

 

  1. Unpredictable (Tak Terprediksi)

Daniel mencari pertolongan kepada Allah, tetapi Raja Darius yang sibuk berusaha menolong Daniel. Bahkan Raja Darius mengakui bahwa hanya Allah yang bisa menolong Daniel. Allah bisa mempersiapkan dan memberikan berbagai jawaban kepada kita. Jawaban-jawaban yang tidak kita pikirkan atau bayangkan. Allah bisa membuka jalan tanpa kita sadari juga.

 

Ev. Rocky Guinta, S.Th