header image
 

All posts in November, 2018

UPP.Pasutri bekerja sama dengan UPP.Kaum Bapak,UPP.Wanita dan UPP.Lansia mengadakan seminar kesehatan jantung bertempat di gereja Agape dengan pembicara dr.Leonora J.Tiluata,SpJP(K) pada hari Rabu tanggal 28 November 2018 pukul 18.00 Wita.Seminar ini membahas soal gagal jantung,gejala dan tanda klinis sakit jantung,pengobatan dan bagaimana menjaga kesehatan jantung.Seminar di awali dengan doa dan puji-pujian serta di tutup dengan sesi tanya jawab.

 

Peserta seminar serius mendengarkan materi yang di sampaikan

Sesi Tanya Jawab

Berikut jadwal dan tema khotbah bulan Desember 2018 sampai dengn 1 Januari 2019.

HARI/TANGGAL WAKTU ACARA THEMA/PEMBICARA
Minggu,02 Des ‘18 09.00 Wita Kebaktian Minggu Bersiap Menanti Kedatangan Tuhan(Pdt.Anthonetha Manobe,S.Th)
Minggu,09 Des ‘18 09.00 Wita Kebaktian Minggu Berhikmat Dalam Manantikan Kedatangan Tuhan(Pdt.Yandi Manobe,S.Th)
Rabu,12 Des ‘18 16.00 Wita Natal UPP.Wanita Natal bersama emeritus pendeta di Klasis Kupang Barat(Pdt.Ori Neno Meta,S.Th)
Sabtu,15 Des ‘18 17.00 Wita Natal UPP.Pemuda & Remaja IMANUEL (Sdra.Jevin Sengge,S.Th)
Minggu,16 Des ‘18 09.00 Wita Kebaktian Minggu Belajar Dari Maria : Kesederhanaan dan Kerendahan Hati(Ev.Ho Yun Siang,M.Div)
15.00 Wita Natal UPP.Anak GO TELL IT !
Senin,17 Des ‘18 16.00 Wita Natal UPP.Lansia Mataku Telah Melihat Keselamatan(Pdt.Yandi Manobe,S.Th)
19.00 Wita Natal UPP.Kaum Bapak & Pasutri Kesederhanaan Allah Yang Membuat Merdeka (Pdt.Yandi Manobe,S.Th)
Selasa,18 Des ‘18 15.00 Wita Christmas Carol Ke RST Wirasakti & RSUD Naibonat (Dresscode Merah )
Kamis,20 Des ‘18 16.00 Wita Christmas Carol  Lansia
Minggu,23 Des ‘18 09.00 Wita Kebaktian Minggu-Baptisan & Peneguhan Sidi Belajar Dari Yusuf : Ketulusan dan Ketaatan(Pdt.Anthonetha Manobe,S.Th)
17.00 Wita Perjamuan Kudus
Senin,24 Des ‘18 18.00 Wita Perayaan Natal Jemaat GMIT Agape Connecting With Christ (Pdt.Yandi Manobe,S.Th) (Dresscode Merah)
Selasa,25 Des ‘18 09.00 Wita Kebaktian Natal Harmony In Christ(Emr.Pdt.S.B.A Meza-Tauk,S.Th)
Minggu,30 Des ‘18 09.00 Wita Kebaktian Minggu Rancangan Tuhan : Rancangan Damai(Ibu Ellen Koroh-Amalo,S.PdK,M.Th)
Senin,31 Des ‘18 18.00 Wita Kebaktian Kunci Tahun Hidup Seperti Uap(Pdt.E.V.Manu-Nalle,S.Th)
Selasa,01 Jan ‘19 09.00 Wita Kebaktian Tahun Baru Ya Tuhan Tiap Jam(Pdt.Yandi Manobe,S.Th)

 

Ibadah penutupan bulan keluarga sekaligus HUT Reformasi yang ke-501 ,HUT GMIT ke-71 dan ibadah lansia pada hari Minggu 28 Oktober 2018 pukul 18.00 Wita yang di pimpin oleh Pdt.Yandi Manobe,S.Th.Ibadah ini juga di isi dengan drama singkat tentang keluarga serta doa bagi para lansia diakhiri dengan jamuan kasih.

 

Perayaan bulan keluarga menjadi salah satu momen yang tepat bagi UPP.Remaja untuk merayakannya bersama orangtua tercinta pada Minggu 28 Oktober 2018 pukul 17.00-19.00 Wita.Selain ibadah,agenda kegiatan antara lain games tentang pengenalan keluarga dan pemberian bunga dari anak kepada orangtua.

Games

TEMA IBADAH UMUM : : “HIDUP UGAHARI  UNTUK PELESTARIAN ALAM”

 

TANGGAL TEMA PEMBICARA
04 Nov’ 18 Kemuliaan Tuhan Dalam Ciptaan-Nya Pdt.Nicodemus O.R.Lepat,S.Th
11 Nov’ 18 Hikmat Mengelola Alam Pdt.Anthonetha Manobe,S.Th
18 Nov’ 18 Tanggung Jawab Mengelola Tanah Milik Tuhan Pertukaran Mimbar
25 Nov’ 18 Kuasa Tuhan Atas Alam Semesta Pdt.Yandi Manobe,S.Th

 

Nats Pembimbing : Yesaya 46 : 4

Bacaan Alkitab : Yesaya 47 :1-7

Lansia adalah tahapan lanjutan dari perjalanan hidup manusia dan merupakan proses yang alamiah.Tetapi dalam menjalani usia lansia ini sejumlah hal menjadi berbeda dan cara kita memperlakukan mereka juga pasti berbeda.

Dalam bacaan di atas,sesungguhnya bangsa Israel sudah tidak adapt berbuat apa-apa lagi.Mereka seringkali beribadah dengan mengikuti cara atau gaya orang lain (bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah) dan seringkali menggantungkan harapan pada kekuatan manusia ( tentara-tentara Asyur).Bangsa Israel yang di buang di Babel seumpama lansia yang sudah tidak berdaya lagi,namun Tuhan masih tetap mengasihi dan memberikan mereka harapan bagi masa depannya.

Nats Pembimbing di atas mengisyaratkan beberapa hal yaitu bahwa Tuhan menggendong,menanggung,memikul dan menyelamatkan kita asal kita berpasrah diri pada-Nya(biasanya hal ini terjadi pada mereka yang sakit,tua dan tak berdaya).Mereka merasa tak berguna dan menjadi beban bagi orang lain terutama anak-anak.Mengapa ?

1.Fokus yang berbeda antara orangtua dan anak

2.Jarak dan waktu yang berbeda

3.Tinggal berdua kembali (suami dan isteri)

Ada 3 perubahan serius yang terjadi menjelang lansia :

1.Perubahan fisik

2.Perubahan psikologi

3.Perubahan spiritual

 

Tema ini ingin menyampaikan beberapa hal pada kita,bahwa Tuhan mengasihi orang-orang yang lanjut usia.Bahwa kau harus menaruh hormat pada yang lebih tua (Im 13 :20).Jangan coba-coba meremehkan orang lanjut usia karena para tua-tua itu harus di hormati.Hiasan pada masa muda adalah kekuatan,tetapi pada masa tua adalah rambut yang putih.

Lanjut usia merupakan sebuah karunia yang besar (Maz 91 : 16).Mengapa Tuhan mengijinkan umur yang panjang ? Karena Tuhan memberikan kesempatan kepada kita untuk menyerahkan seluruh hidup kita secara total kepada-Nya dan tetap setia sekali pun sakit,di abaikan dan merasa tak berdaya.Kesetiaan kita di uji saat ini.Janji Tuhan adalah nyata jika kita melakukan penyerahan hidup kepada Tuhan.Amin.

Khotbah oleh Pdt.Yandi Manobe,S.Th pada Ibadah Penutupan Bulan Keluarga sekaligus HUT Reformasi ke-501,HUT GMIT ke-71 dan ibadah lansia,pada hari Rabu 31 Oktober 2018 pukul 18.00 Wita.

 

Bacaan Alkitab : Keluaran 20 : 12 ; Efesus 6 :1-3

Pembicara : Bpk.Dance Dengak,SP.Mdiv

20181028_174924

Dalam kehidupan ini,seringkali anak-anak berlaku tidak adil/jahat bahkan memukuli orang tuanya karena hal-hal yang sepele.Sulit sekali bagi anak-anak jaman sekarang untuk menghargai jerih payah orang tuanya,dan panti jompo semakin laku di mana-mana.

Padahal firman Tuhan mengatakan bahwa : “ Hormatilah ayahmu dan ibumu supaya panjang umurmu…” Jangan seperti orang-orang Farisi yang hanya menganggap penting pelayanan kepada Tuhan tetapi tidak untuk keluarganya.Padahal keluarga adalah sangat penting ;kenapa Tuhan menciptakan Adam dan Hawa ? Karena misi pelayanan Tuhan di dunia ini adalah di dalam keluarga.Tuhan ingin pemulihan terjadi di dalam dan lewat keluarga-keluarga.Perintah untuk menghormati orang tua tidak terbatas pada orang tua yang baik saja,tetapi pada semua orang tua seperti apa pun itu.Apa itu hormat ? Hormat punya cakupan yang luas seperti mengasihi,mengampuni,menolong dan memberi yang terbaik dengan kasih kepada orang tua kita.

Kasih kita kepada Tuhan di tunjukkan pertama-tama dengan menghormati orang tua kita.Bagaimana kita dapat mengasihi Tuhan yang tidak terlihat kalau orang tua yang kelihatan saja tidak dapat kita kasihi.Ada 3 alasan mengapa harus mengasihi orang tua :

1.Karena orang tua adalah wakil Allah (keluarga adalah pilihan dan kedaulatan Tuhan yang tidak dapat kita pilih sendiri-baca Kel 21 : 15 dan 17).

2.Karena kita berhutang sangat banyak kepada orang tua.

3.Waktunya terbatas

Mengasihi orang tua tidak perlu menunggu harta yang banyak atau jabatan yang tinggi.Waktu mereka untuk bersama kita terbatas,karena itu lakukanlah hal-hal sederhana untuk membahagiakan mereka (pelukan,kasih sayang,secangkir minuman,dll).Orangtua sanggup mmberikan apa pun bagi anaknya termasuk nyawanya.Bagaimana dengan anak,sudahkah kita mengasihi orang tua kita ? Amin.

Khotbah pada ibadah UPP.Remaja bersama orangtua (parent day),Minggu 28 Okt 2018